Komunikasi Verbal dan Non Verbal

 


Sebagai seorang guru, kita dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik dan benar. Komunikasi itu terbagi menjadi 2 yaitu komunikasi verbal dan non verbal . Komunikasi verbal adalah sebuah komunikasi yang disampaikan oleh komunikator (pembicara) kepada komunikan (orang yang menerima pesan) baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi ini menempati  porsi besar dalam keseharian , bisa melalui media telepon, handphone, surat atau aplikasi lainnya seperti WA, Telegram atau line.

Sedangkan komunikasi non verbal berarti komunikasi yang tidak melibatkan lisan ataupun tulisan. Biasanya komunikasi ini menggunakan  bahasa tubuh, pakaian seragam,simbol-simbol, warna, ekspresi wajah,  dan intonasi suara. Contoh dari komunikasi non verbal, antaralain; berupa sentuhan, gerakan tubuh, nada bicara, kecepatan berbicara, dan intonasi yang dipakai. Kadang-kadang orang lebih tertarik pada penampilannya daripada kata-kata yang disampaikan. Seorang komunikator yang baik adalah seorang komunikan yang mampu menguasai komunikasi verbal dan non verbal, namun tidak mengesampingkan visualisasi yang dia tunjukkan,  intonasi suara yang dia berikan dan ekspresi bahasa tubuh.

Jadi, komunikasi verbal akan sukses apabila didukung oleh komunikasi non verbal  yang sesuai, tidak berbalikan, misalkan apabila sesorang mengatakan dia bahagia, tidak mungkin  menunjukkan wajah sedih atau marah.  Dalam hal ini, Komunikasi tidak hanya sekedar menyusun kata-kata tapi perlu diperhatiakan juga  bagaimana intonasi yang digunakan dan bahasa tubuh yang diberikan ketika menyampaikan kata-kata tersebut. 

Komentar

  1. Bagus sekali. Saya mengacungkan ibu jari.

    BalasHapus
  2. Kadang orang lebih tertarik dengan penampilan dari pada kata - kata yang di sampaikan.. Hehe

    BalasHapus
  3. Body language juga berperan saat komunikasi verbal ya bu

    BalasHapus
  4. Kalau saya seringnya pakai bahasa isyarat Bu..he he
    Keren Bu tulisannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menarik Minat Siswa melalui Video Pembelajaran

Mengenal Masa Golden Age

Bahagia