Mengenal Masa Golden Age

 


Memasuki usia 4 tahun, anakku Rafa sudah semakin pintar dan menggemaskan. Alhamdulillah ia tumbuh sehat dan berkembang sesuai dengan usianya baik dilihat secara fisik maupun kemampuan yang dimilikinya. Setiap harinya ada saja hal-hal baru yang ia tunjukkan kepadaku,  papahnya dan juga kakaknya, Sehingga kami seringkali dibuatnya tertawa dengan tingkah lakunya yang lucu dan polos. Sekarang ini ia kelihatannya sedang belajar mandiri karena banyak hal yang selalu ingin dilakukannya sendiri, seperti; makan, minum, cuci tangan, memakai sepatu, merapikan bekas bermainnya, menyimpan barang ke tempat semestinya dan sebagainya.

Jika dilihat dari kemampuan motorik kasar, anakku Rafa sudah bisa berlari, melompat, menendang bola, mengayuh sepeda, menggambar, mewarnai,dan  naik turun tangga tanpa dibantu.

Sedangkan apabila dilihat dari segi perkembangan sosial dan emosi, ia sudah bisa berinteraksi dengan teman sebayanya dan berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Selain itu ia juga sudah mulai bisa berempati dan  memahami perasaan orang lain, bahkan ia sudah mulai  bicara banyak dan dapat mengekspresikan perasaannya secara verbal.

Kemampuan yang akhir-akhir ini berkembang pesat sekali yaitu kemampuan bahasanya. Banyak sekali kosa kata baru yang sudah ia ketahui termasuk cara pengucapannya yang mulai terdengar jelas , hanya tinggal huruf “R”  yang belum jelas. Dan yang lebih membuatku kaget yaitu ketika ia mulai bisa bercerita ketika bermain dengan binatang-binatang mainannya, robot-robotannya maupun mobil-mobilannya. Di usia ini pun ternyata ia sudah bisa menceritakan kembali film kartun kesayangannya kepada kami dengan lancar. Apabila mendengar kata baru pasti ia akan langsung bertanya apa  artinya . Tidak hanya pandai bercerita, ia juga sudah mengenal angka dan huruf bahkan beberapa kosa kata dalam Bahasa Inggris. Bernyanyi pun merupakan salah satu caraku untuk mengenalkan kosa kata baru dan ia pun sangat senang ketika kami menyanyi bersama.

Perkembangan anak usia 4 tahuni dianggap sebagai masa golden age. Pertumbuhan akan semakin pesat apabila didukung oleh orang tua dan lingkungan yang baik dan nyaman bagi anak. Aku sangat bersyukur sekali bisa mengikuti perkembangan anakku tanpa melewatkan moment-moment indah  bersamanya.

#Day26AISEIWritingChallenge

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menarik Minat Siswa melalui Video Pembelajaran

Bahagia