Menarik Minat Siswa melalui Video Pembelajaran

 


Semenjak pembelajaran online diberlakukan, guru-guru pun ditantang untuk terus belajar hal-hal baru yang menunjang kegiatan pembelajaran. Maka hampir setiap seminar, workshop, maupun diklat daring yang membahas  tentang pembelajaran pun selalu diikuti supaya tetap update sesuai dengan jamannya. Adapun materi seminar/workshop yang diikuti antaralain  mulai dari pemilihan aplikasi yang digunakan, metode pengajaran, sampai pada sistem penilaian / assessment ( formatif dan sumatif). Dalam hal ini, semua guru diharapkan menjadi guru yang kreatif dan inovatif serta semangat belajar yang terus tertanam.

Salah satu workshop yang baru saja saya ikuti adalah pembuatan video pembelajaran menggunakan Animiz Application (AM). Maksud dari  Pelatihan tersebut adalah supaya guru-guru dapat  membuat video pembelajaran sendiri sesuai dengan pelajaran yang diampunya. Sehingga, pada akhirnya selain materi dapat tersampaikan , siswa pun akan merasa senang dan tertarik untuk belajar bersama gurunya.

Pemanfaatan video untuk pembelajaran dinilai cukup efektif digunakan selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) /pembelajaran online karena video tersebut bisa berulangkali diputar untuk ditonton sampai materinya benar-benar dapat dipahami. Survei membuktikan bahwa  pembelajaran melalui video selain dapat menarik minat siswa untuk belajar ,  juga dapat menambah motivasi belajar. Apalagi dikemas dengan ilustrasi yang baik dan gambar yang menarik. Namun, durasi waktu video juga perlu diperhatikan karena kalau terlalu lama siswa bisa bosan. Durasi waktu antara 10-15 menit dianggap cukup untuk menyampaikan materi dengan padat dan jelas. Seperti kita ketahui bahwa waktu yang paling efektif bagi siswa untuk menyerap materi yaitu 20 menit pertama di awal pembelajaran. Selain itu, durasi yang cukup juga dapat menghemat kuota dan menghindari kejenuhan pada siswa.

#Day22AISEIWritingChallenge

Komentar

  1. Oke..siiip pingin juga membuat vidionya...maaf jka berkenan bisa ditularkan bun..dgn saya🙏🏻😊

    BalasHapus
  2. Karena pandemi membuat guru jadi semakin kreatif ya Bu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Masa Golden Age

Bahagia