Bahagia


Apa yang anda cari dalam hidup?

Itulah pertanyaan pertama yang diberikan ketika saya mengikuti webinar hari ini bersama salah satu motivator muda Indonesia, Edvan M Kautsar di acara Mega Webinar bakti pendidikan 3.0 oleh BMS Softskills Develoment Center. Jawaban untuk pertanyaan di atas mungkin bisa uang, kekayaan, jabatan, popularitas, Rumah mewah, mobil mewah dan sebagainya. Walaupun dari sekian jawaban tersebut tujuan akhirnya adalah bahagia. Setuju bukan?

Kebahagiaan yang manusia cari di dunia ini, terbagi menjadi 3 macam, yaitu antaralain :

1.    Physically happiness , merupakan kebahagiaan secara fisik, misalnya : uang, gaji, rumah, mobil, barang-barang branded dan sebagainya.

2.   Emotional happiness, merupakan kebahagiaan secara emosi, misalnya : pujian dari bos /rekan kerja, piagam penghargaan, diberikan tepuk tangan, apresiasi, pengakuan dan sebagainya.

3.    Meaning happiness, merupakan kebahagiaan yang bisa kita dapatkan apabila bisa memberi, melayani dan bermanfaat (berbuat kebaikan) buat orang lain. Caranya adalah dengan mengetahui makna dan hikmah dari setiap hal yang kita lakukan. Meaning happiness terjadi ketika kita mampu membahagiakan banyak orang.

Jadi dari ketiga kebahagiaan di atas, tentu saja meaning happiness lah kebahagiaan yang hakiki. Namun masih banyak orang yang belum memahami ini.

Sebagai kesimpulan, bahwa untuk meraih kebahagiaan itu tentu saja pertama kita harus bahagia (minimal tersenyum ), kedua bersyukur (mensyukuri  semua yang kita punya hari ini) dan ketiga menemukan makna dan hikmah dibalik hal yang terjadi dalam hidup ini.

Mulai hari ini , yuk kita ikuti keinginan Allah Sang Maha Pencipita bukan mengikuti keinginan sendiri karena Allah tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Kita hanya tinggal menjalani saja serta  selalu bersyukur dan bersyukur. Jangan lupa bahagia...

#Day25AISEIWritingChallenge

Komentar

  1. Dengan bersyukur kita ajn mrskn kbhgiaan itu

    BalasHapus
  2. Ikuti bahagia membaca tulisan ini. Krn aku juga ingin bahagia

    BalasHapus
  3. Meaning happiness
    Kebahagian yg hakiki

    Mari bersama menuju kebahagian dunia dan akhiri. Amin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menarik Minat Siswa melalui Video Pembelajaran

Mengenal Masa Golden Age